KONDISI KAWASAN

KONDISI KAWASAN

? Kawasan Pedalaman Salah satu problem pembangunan Kabupaten Halmahera Timur adalah masih banyak daerah yang belum tersentuh pembangunan. Kawasan Pedalaman merupakan daerah yang secara geografis letaknya jauh dari pesisir pantai. Kondisi geografis yang demikian membuat kawasan pedalaman sangat tertinggal dari kawasan pesisir. Orientasi pembangunan yang masih mengutamakan wilayah pesisir sebagai titik sentuh kebijakan menjadikan disparitas antar kawasan pesisir dan pedalaman semakin besar. Penyebaran kawasan pedalaman di Kabupaten Halmahera Timur terdapat di beberapa Kecamatan. daerah pedalaman berada di Kecamatan Wasile Utara dan kecamatan Maba Utara. Pemerintah daerah perlu memfokuskan pembangunan dan pengembangan kawasan agar keterkaitan antar daerah bisa diwujudkan sebagai kawasan ekonomi yang maju dan adil.

? Kawasan Terpencil Kawasan terpencil secara geografis merupakan kawasan yang terletak jauh dari kota dan kurang berhubungan dengan dunia luar. Untuk dapat digolongkan sebagai daerah terpencil, harus memenuhi 2 (dua) persyaratan yang bersifat kumulatif, yaitu:

? Daerah itu sulit dijangkau karena kekurangan atau keterbatasan prasarana dan sarana angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, dan

? Prasarana dan sarana sosial dan ekonomi tidak tersedia, atau walaupun tersedia tetapi dalam keadaan yang sangat terbatas, sehingga untuk menjalankan usahanya para penanam modal harus menyediakan sendiri prasarana dan sarana sosial dan ekonomi dimaksud. Prasarana ekonomi dimaksud adalah pelabuhan, jalan dari pelabuhan menuju lokasi (access road), jalan lingkungan, penyediaan air bersih, penyediaan tenaga listrik, dan prasarana lain di bidang ekonomi yang diperlukan untuk memungkinkan berjalannya suatu perusahaan. Jika berdasarkan kriteria daerah tertinggal di Halmahera Timur yang terdiri dari 10 Kecamatan terdapat 2 Kecamatan yang dikategorikan sebagai daerah tertinggal. Dengan demikian kawasan terpencil di Kabupaten Halmahera Timur berada pada 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Maba Utara dan Kecamatan Wasile Utara.

? Pesisir

Dari total desa sebanyak 102 sebanyak 76,47 persen atau 78 merupakan desa pesisir, dan sisanya 23,53 persen merupakan daerah pedalaman/ pegunungan/ terpencil yang tersebar di hampir semua Kecamatan. Selengkapnya dapat dilihat pada Tabel berikut.

No

Kecamatan

Jumlah Desa

Jumlah Desa Pesisir

1

Kota Maba

6

6

2

Maba

10

9

3

Maba Selatan

9

9

4

Maba Tengah

12

7

5

Maba Utara

10

10

6

Wasile

7

2

7

Wasile Selatan

24

15

8

Wasile Timur

8

6

9

Wasile Tengah

8

6

10

Wasile Utara

8

8

Total                                                  102

78